Call for Anthology

Teman-teman, sahabat dan saudara se-Korpala,

     Perjalanan kita bersama Korpala telah memberikan banyak pengalaman dan pelajaran berharga. Kita telah bertemu dengan banyak orang, mengeksplorasi tempat-tempat baru, dan mempelajari kebiasaan dan budaya yang berbeda dari kita.Setiap pengalaman itu pasti memberikan dampak dan kesan yang berbeda-beda pada diri kita masing-masing. Mungkin saja ada yang mendapatkan pengalaman yang membawa kebahagiaan dan kesenangan, ada juga yang mendapatkan pengalaman yang menyedihkan dan penuh liku-liku. Namun, pada intinya, pengalaman tersebut pasti memberikan kita sebuah makna.

     Oleh karena itu, saya mengajak seluruh anggota Korpala untuk bersama-sama menulis sebuah antologi yang berisi kumpulan tulisan tentang pengalaman kita selama menjalani kegiatan bersama Korpala. Namun bukan hanya terbatas pada pengalaman, kita juga bisa menuliskan opini-opini, sejarah-sejarah maupun 'hidden story' yang penuh makna.Tema dari tulisan untuk antologi tersebut adalah 'Survive With Korpala'. Tema ini sekaligus akan menjadi judul untuk antologi yang kita hasilkan nanti. Melalui tulisan tersebut, kita akan menuangkan segala makna dan pengalaman yang kita dapatkan selama berkegiatan di Korpala. Bahkan antologi ini nantinya bisa digunakan sebagai rujukan makna 'way of life' ketika kita survive with Korpala.
     Antologi yang akan kita buat ini akan menjadi bukti nyata dari perjalanan, pimikiran dan perjuangan kita bersama. Kita akan memiliki kumpulan cerita dan pengalaman sarat makna yang dapat kita baca sewaktu-waktu untuk mengingat kembali perjalanan kita bersama Korpala. Selain itu, antologi ini juga dapat menginspirasi orang lain untuk bergabung dengan Korpala atau melakukan kegiatan serupa.

Persyaratan :    

1. Tulisan yang diharapkan memiliki panjang sekitar 4 -7 halaman B5 atau setara 1200-2000 kata, menggunakan huruf Times New Romans 12 px, spasi tunggal. margin atas dan bawah 3 cm, margin dalam 3 cm dan margin luar 2 cm. Tampak halaman berupa cermin.

2. Judul ditulis dengan ukuran huruf Times New Roman 14 px bold. Dibawah judul dituliskan nama penulis, ukuran 12 px.

3. Tulisan nyata yang dialami penulis dan dimaknai sendiri, bukan rekaan atau hayalan. 

4. Tulisan ditulis dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar sesuai Ejaan Yang Disempurnakan. 

5. Simpan tulisan dengan format  afkorpala_namapenulis_judul

     Untuk membantu memudahkan, file template bisa didownload di link ini, berupa file siap pakai yang sudah sesuai dengan persyaratan di atas, berbasis MS Word. File template ini juga tersedia di grup WA penulis antologi. File siap diisi, pertama ganti JUDUL dengan judul tulisan kita. Kedua, Isi nama penulis, selanjutnya setiap penulis bisa langsung menuliskan pengalaman yang dialami sendiri, yang menceritakan makna perjuangan dan kelangsungan hidup ketika berkegiatan bersama Korpala. 

     Mari bergabung dan berpartisipasi dalam proyek antologi ini. 

1. Daftarkan diri dengan bergabung ke grup Whatsapp berikut ini (klik disini untuk langsung menuju grup WA). Tuliskan 'Siap Menulis' ketika pertama masuk ke grup. Pendaftaran dibuka hingga 15 Juli 2023 (untuk keperluan pembekalan). Yang tidak membutuhkan pembekalan, dapat mendaftarkan diri dan mengirimkan tulisan hingga tenggat akhir pengumpulan karya.

2.  Ikuti materi pembekalan antara tanggal 16 — 22 Juli 2023. Mentor telah menyiapkan materi pasif, dengan live session yang jadwalnya diumumkan di grup WA. Untuk yang sudah biasa menulis, sesi ini bisa di-skip, langsung gas saja menulisnya biar bisa melahirkan beberapa karya.

3. Kirimkan tulisan ke aypawelloi@gmail.com    --   paling lambat 3 September 2023

Bila proses mendapatkan ISBN berjalan lancar, maka buku antologi ini diharapkan menjadi kado ulang tahun dCorps di tahun depan 2024.

     Jangan biarkan makna-makna pengalaman kita tertinggal begitu saja, tuliskan dan berbagi kepada orang lain bahwa kita Survive with Korpala. Terima kasih telah membaca undangan ini dan semoga kita dapat berpartisipasi bersama untuk memberikan yang terbaik bagi korps tercinta.

Salam, k058

Notes:

Direncanakan antologi ini dibuat dalam bentuk eksklusif, hard cover dengan menggunakan kertas 'art paper'. Perkiraan untuk kalkulasi awal, buku ini berisi +/- 300 halaman. Ini berarti, bila satu tulisan rata-rata sepanjang 5 halaman, maka dibutuhkan setidaknya 60 tulisan untuk menggenapi kuota tersebut. Karenanya, kita bisa membuat bukan hanya satu tulisan, tetapi bisa dua atau tiga. Kalau merujuk satu tulisan mewakili satu dikdas, maka minimal sudah bisa didapatkan sekitar 36 tulisan.

Antologi, secara harfiah diturunkan dari kata bahasa Yunani yang berarti "karangan bunga" atau "kumpulan bunga", kemudian disimpulkan menjadi sebuah kumpulan dari karya-karya sastra. Istilah populernya adalah "bunga rampai". Awalnya, definisi ini hanya mencakup kumpulan puisi (termasuk syair dan pantun) yang dicetak dalam satu volume. Namun, antologi juga dapat berarti kumpulan karya sastra lain seperti cerita pendek (cerpen), novel pendek, prosa, dan lain-lain.

2 Responses to "Call for Anthology"

  1. Ini ide brilyan yang harus di dukung.
    Selalu saja ide yg datang dari Bang Hero merupakan ide orisinal dan out of the box.

    Saya akan seangn sekali untuk berpartisipasi, tetapi mohon waktu dan kesabaran karena maklumlah mata sdh kabur tangan sdh buyutan dan ingatan sdh memudar….hehe...

    Yg paling susah itu adalah: waktu dan memeras memorinya but I will do my best

    Mungkin bisa juga menggunakan buku Operasi Sandeq dari Ostaf sebegai referensi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dengan sangat antusias, ditunggu karya2 ta' sebagai cahaya pencerahan di antologi kita nanti.

      Hapus