Aplikasi Android untuk Blog Korpala dan Buletin Lembanna

     Mengakses aplikasi berbasis web melalui perangkat mobile, tidak sesederhana bila mengaksesnya menggunakan PC atau laptop. Untuk alasan 'menjadi lebih simpel' itulah, bagi pengguna perangkat komunikasi dengan operating system berbasis Android, berikut ini dua aplikasi yang bisa diinstal ke perangkat kita untuk bisa lebih cepat mengakses Buletin Lembanna maupun blog Korpala.
     Untuk saat ini, dengan sangat menyesal, baru mampu menyediakan bagi perangkat (smartphone maupun tablet) yang berbasis Android. Untuk yang berbasis iOS dan BB, belum sanggup, mengingat aplikasi keduanya tidak 'open source'. Banyak prosedur yang harus dilalui dan juga tentunya biaya yang tidak sedikit untuk itu.
     Baiklah, tidak usah berpanjang lebar, berikut ini tampilan aplikasi tersebut setelah terinstal di perangkat kita. Lihat ikon K berwarna merah dengan label Korpala Unhas. Tampilan seperti itulah yang muncul di kumpulan apps perangkat kita. Lalu gambar bawahnya adalah tampilan blog Korpala yang muncul setelah meng'kllik' ikon K tersebut.
ikon K warna merah dengan label Korpala Unhas. gambar bawah, tampilan blog korpala di perangkat mobile kita.
      Untuk mendapatkan aplikasi tersebut, bisa di download di link ini. Bila kesulitan mendownload di sana (biasanya sih gampang), tuliskan alamat email Anda di komentar di bagian bawah, selanjutnya file akan dikirimkan.
      Untuk instalasi ke perangkat:
Sebelum dikirim ke perangkat, file perlu di ekstrak terlebih dahulu, karena file dibundel dalam bentuk .rar. Setelah di ekstrak, kita akan mendapatkan dua file bernama Korpala_Unhas.apk dan Buletin_Lembanna.apk. File-file tersebut yang kemudian kita kirim ke smartphone atau tablet kita.
1. Kirim/transfer file yang telah di download ke smartphone atau tablet kita. Bisa pakai bluetooth, atau kabel usb. Penting, kenali dengan pasti 'folder' tempat file tersebut terletak di perangkat kita.
2. Buka folder tempat file tersebut, klik ikon K dengan label Korpala_Unhas.apk (app untuk blog Korpala) dan/atau Buletin_Lembanna.apk (app untuk Buletin Lembanna).
3. Instruksi instalasi muncul, klik 'instal'.
4. Tunggu beberapa saat, instalasi selesai. Aplikasi bisa langsung diakses dengan klik 'open' di bagian kanan bawah.
5. Untuk akses selanjutnya, cari ikon K yang ada di kompulan apps perangkat kita.
     Untuk Bulletin Lembanna, aplikasinya bisa di download di link ini. Sama dengan yang di atas, bila kesulitan, file instalasi bisa dikirimkan ke email Anda. Untuk cara instalasinya, persis sama dengan yang telah dijabarkan di bagian atas. Bulletin Lembanna sendiri menggunakan ikon K berwarna biru langit.
     Aplikasi-aplikasi tersebut sebenarnya bisa dipajang di 'Google Play' sehinga bisa diakses dan didownload langsung menggunakan perangkat di genggaman kita. Proses instalasi menjadi simple, tidak perlu transfer file seperti langkah-langkah di atas. Namun untuk menggunakan jasa Google Play, diperlukan biaya berlimit waktu. Artinya ada sejumlah $dollar untuk sejumlah waktu tayang di sana.
     Nah, menyiasati hal tersebut, seperti para cracker pada umumnya yang selalu mencari cara menggratiskan sesuatu yang terpampang di dumay, maka sedikit kerepotan ditempuh untuk itu. Semoga aplikasi ini bisa berguna bagi saudara-saudara titisan K maupun khalayak yang mengakses manfaat dengan keberadaan Korpala.
     Keep survive with the corps.

notes :
*) Aplikasi sudah diuji dan berfungsi dengan baik
untuk Android verisi ICS (ver.4) atau yang lebih baru.
Belum sempat diuji untuk aplikasi versi Froyo ataupun
Ginger Bread. Namun bila ada teman2 yang berkenan
untuk test and run di versi terdahulu tersebut, dengan
senang hati hasil testnya ditunggu untuk melengkapi
artikel ini.
*) bila terjadi macet atau sulit mengakses situs untuk download
file instalasi, kemungkinan server sedang sibuk atau sedang error.
*) Untuk teman2 yang membutuhkan, tuliskan saja
email di bawah, atau bisa ke mailinglist Korpala.
File akan dikirimkan ke email, atau download
sendiri langsung di mailing list.\

     Mengantisipasi kesulitan seperti yang dihadapi Bang Haji Indra, maka berikut ini tip untuk mendapatkan file yang tidak berekstensi .exe seperti yang dialami Bang Haji.
     Bila halaman seperti gambar berikut ini sudah muncul, maka perhatikan petunjuk seperti pada gambar. Bila tanda chek dibiarkan ada di sana, maka yang akan diterima adalah file berekstensi .exe, yang tidak bisa langsung diekstrak ke smartphone, karena pasti akan error. Jadi pastikan untuk menghilangkan tanda 'check' tersebut dengan mengklik pada tanda check yang muncul.
     Setelah tanda chek dihilangkan, maka bentuknya akan seperti gambar berikut. Langkah selanjutnya, masukkan verification code, lalu klik download. File korpalaNbuletin.rar akan diperoleh setelah proses download tuntas. Setelah file itu diekstrak lagi, maka akan didapat dua file dengan ekstensi .apk.
Semoga membantu,
Terimakasih.

9 Responses to "Aplikasi Android untuk Blog Korpala dan Buletin Lembanna"

  1. Bang Hero,
    Ini sebuah terobosan luarbiasa yang mengikuti selera zaman. Salut atas usaha dan idenya.
    Saya sudah coba donlot, diminta nama dan email serta harus merekomendasikan email teman. Saya skip dan ikuti tahapannya, ternyata yg di donlot adalah file exe yang tidak bisa diakses.

    Apakah saya salah men-donlot?

    Email saya adalah indyclimb@ymail.com atau indyclimb@gmail.com.

    Trims.

    Indra K-023

    BalasHapus
  2. Mantap Bang, ikkal@yahoo.com

    BalasHapus
  3. tidak ada yang salah Bang Haji Indra, hanya tutornya yang kurang lengkap. File yang dibutuhkan saya kirimkan ke email, ditambah revisi penjelasan supaya yang di download bukan file berekstensi .exe melainkan .apk

    Untuk Ikkal, juga terkirim ke emailnya. :)

    BalasHapus
  4. Mantap & Keren, thanks ya Kak. Boleh juga dikirim ke e-mailku hildaputong@gmail.com atau hildakorpala@yahoo.com

    E-mail address ke-2 lengket dengan KORPALA dan akan dikenang seumur hidup juga ada sejarahnya, dia lahir ketika saya akan membuat mailing list KORPALA waktu masa milis/komunikasi group pada awal tahun 2001 :)

    Viva KORPALA
    Hilda Putong

    BalasHapus
  5. Ok Hilda, files nya terkirim.. :)
    Saya juga punya email pertama, yang gabung dengan milis itu, tapi sudah tidak berfungsi.. buatnya di telkomnet, karena alasan nasionalis..
    Sayang sekali, telkomnet tidak berkembang seperti lain2nya, malah membuat limitasi yang begitu tidak nyaman, sehingga saya kemudian memutuskan tidak menggunakan email itu lagi.. Padahal mestinya bisa jadi kenang2an seperti punya Hilda..

    File2 yang saya posting di artikel ini, juga saya kirimkan di mailinglist Korpala, dan di sana bisa di download denagn sangat mudah.

    BalasHapus
  6. Sudah berfungsi dgn sempurna di perangkat androyid saya hehehe. Makasih on Hero, anda benar2 patriot Korpala sejati.

    BalasHapus
  7. Syukurlah Bang Haji, sudah bisa berfungsi.
    Selanjutnya menunggu tertimoni teman2 yang lainnya juga..
    esprit de corps

    BalasHapus